Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 21 Januari 2014



Setiap waktu memikirkanmu, ku katakan pada bayangmuSampai kapan ku harus menunggumu jatuh cintaRindu ini terus mengganggu, ku tak sabar ingin bertemuBerapa lama lagi menantikan kata cinta
Andaikan dia tahu apa yang ku rasaResah tak menentu mendamba cintamuAndaikan dia rasa hati yang mencintaKu yakini kau belahan jiwa
Andaikan dia tahu apa yang ku rasaResah tak menentu mendamba cintamuAndaikan dia rasa hati yang mencintaKu yakini kau belahan jiwa
Ku harap dia mau membalas cintaku
Andaikan dia rasa hati yang mencintaKu yakini kau belahan jiwaKau belahan jiwa, kau belahan jiwa


Setiap hari ku memikirkannya
Setiap waktu namanya selalu ku sebut

Andai dia tau apa yang ku rasa
Andai dia tau apa yang ku lakukan karnanya
Andai dia dengar apa yang orang katakan tentangku karnanya
Andai dia tau sesak hati ku menunggunya
Andai dia tau tangisan ku di sandaran bayangnya

Apakah aku bisa mendapatkan hatinya
Apa aku sanggup meraih cintanya
Menggegam tanganya, memeluknya,dan bersandar dibahunya
Bisakah kau sedikit saja dengar aku
Dengar lirih hatiku

Andai kau mau tulus dengar lirih hati ku
Akan ku beri segala yang ku punya
Segala yang kau pinta



Minggu, 19 Januari 2014

lagu slow barat dan indonesia versi aku





Bulan januari musim hujan, musim hujan udara dingin uhhh….. bikin hati ngerasa galau apa lagi buat yang belum punya setatus eheheee. Kali ini aku mau  ngerekomendasiin lagu – lagu barat dan indonesia slow bikin galau versi aku yah…….
1.   Because of you 
Because of you
Karena Engkau
I never stray too far from the sidewalk
Aku tidak akan pernah menyimpang terlalu jauh dari jalanku
Because of you
Karena Engkau
I learned to play on the safe side so I don’t get hurt
Aku belajar bermain di sisi yang aman agar aku tidak terluka
Because of you
Karena Engkau
I find it hard to trust not only me, but everyone around me
Aku merasa sulit untuk mempercayai bukan hanya diriku, tapi semua orang di sekitarku
Because of you
Karena Engkau
I am afraid
Aku takut 

Dalam sebuah wawancara, Kelly Clarkson mengatakan bahwa lagu ini mengisahkan hubungannya dengan ibunya. Kelly dibesarkan dalam keluarga yang tidak utuh (Broken Home). Orang tuanya bercerai ketika ia masih sangat muda. Dan selanjutnya ia menjalani hidup yang buruk dengan ibunya. Ibunya tampak menggantungkan hidupnya secara emosional kepada Kelly, dan Kelly tidak mau hal itu. Ia masih terlalu muda untuk menanggung beban itu. Tetapi karena pengalaman ibunya itu, Kelly menjadi seseorang yang sulit untuk didekati. Sulit untuk membuka hatinya. Karena ia tidak ingin tersakiti. Seperti yang di alami oleh ibunya. Namun, dia pun ternyata merasakan hal Menyebalkan yang sama.

2.   Mirrors | Justin Timberlake
Ini dia lirik yang maknanya dalem banget, saolnya ini liriknya kena banget di aku
'Cause I don't wanna lose you now
Karena aku tak ingin kehilanganmu
I'm looking right at the other half of me
Sedang kutatap separuh jiwaku
The vacancy that sat in my heart
Kehampaan yang menghuni hatiku
Is a space that now you hold
Adalah ruang yang kini kau huni
Show me how to fight for now
Tunjukkan padaku cara tuk berjuang
And I'll tell you, baby, it was easy
Dan kan kuyakinkan dirimu, kasih, sungguh mudah
Coming back into you once I figured it out
Tuk kembali padamu saat kutemukan caranya
You were right here all along
Selama ini kau terus di sini
It's like you're my mirror
Seolah kau adalah cerminku
My mirror staring back at me
Cerminku yang membalas tatapanku

Hadeh andai aja ada cwo yang mau nyanyiin lagu ini buat aku uh kelepek – kelepek deh aku hahahaa….lagu ini lumayan lama 8 menit Menurutku, lagu ini bercerita tentang isi hati seseorang, yang sangat bersyukur ada seseorang yang sangat special, yang bisa mengerti dirinya luar dalam, seolah bayangan yang slalu mendampingi

3.   Broken Angel | Arash feat. Helena
To har jaa ke bashi kenaretam
Dimanapun kau berada, aku di sisimu
Taa aakharesh divoonatam
Hingga akhir waktu, aku tergila-gila padamu
To to nemidooni ke joonami
Kau, kau tak tahu bahwa kaulah hidupku
Bargard pisham
Kembalilah padaku
lagu ini mellow banget deh pokonya, rekomendasiin baget deh buat di download  deh buat cwe – cwe yang lagi patah hati dan kesepian , menurut aku lagu ini lagu seseorang yang sangat cinta banget ama pasanganya tapi apalah mau dikata mereka tidak bisa bersama.

4.   My Immortal | Evanescence
I'm so tired of being here
Aku sangat letih berada di sini
Suppressed by all my childish fears
Tertekan oleh ketakutanku yang kekanak-kanakan
And if you have to leave
Dan jika kau harus pergi
I wish that you would just leave
Kuharap engkau pergi saja
'Cause your presence still lingers here
Karena kehadiranmu masih berbekas di sini
And it won't leave me alone
Dan bayangmu takkan meninggalkanku
Lagu ini emang judulnya keabaidan tapi gak gitu isi lagunya, lagu ini sesungguhnya tidak berbau-bau mistis tentang hantu dan sejenisnya. Lagu ini mengisahkan tentang hubungan yang buruk antara dua orang kekasih. Si wanita merasa sangat tersakiti dengan perlakukan kekasihnya. Kenangan-kenangan buruk itu begitu susah untuk dilupakan. Sekarang, ketika kekasihnya telah pergi, apakah semua sakit itu akan hilang? Ternyata tidak. Sakit itu tetap terasa sampai sekarang. Ada banyak hal yang tidak akan terhapus oleh waktu. Kenangan-kenangan buruk yang abadi, mungkin ini maksud dari judul My Immortal.

5.   Cry | Rihanna
I'm not the type to get my heart broken
Aku bukan tipe wanita yang mudah patah hati
I'm not the type to get upset and cry
Aku bukan wanita yang mudah marah dan menangis
'Cause I never leave my heart open
Karena tak pernah kubuka hatiku
Never hurts me to say goodbye
Tak pernah sakiti diri sendiri tuk ucapkan selamat tinggal

Artinya bikin nangis deh buat yang punya hati, ini lagu liriknya aku banget, ini tentang cwe yang ngerasain cinta ama orang, walau dulu dia pernah menjalin hubungan ama orang lain tapi dia tidak pake hati, nah sekarang dia baru menemukan seseorang yang membuat dia bener merasa memiliki cinta tapi uhfff….ternyata dia malah disakitin ama cwo itu, rasanya bak ditusuk-tusuk pisu deh hati ini. Aku bangettt,,,,,, ups curhat ehehhe

6.   Afgan -  jodoh pasti bertemu
Andai engkau tahu betapa ku mencinta
Selalu menjadikanmu isi dalam doaku
Ku tahu tak mudah menjadi yang kau pinta
Ku pasrahkan hatiku, takdir kan menjawabnya
Jika aku bukan jalanmu
Ku berhenti mengharapkanmu
Jika aku memang tercipta untukmu
Ku kan memilikimu, jodoh pasti bertemu

Ini lagu pasti kalian tau kan ini lagu mantep bangget buat para temen – temen yang lagi mencari pasangan hidup, khususnya yang mau nikah muda kaya aku hahahaha……. Ini lagu isinya tentang doa kita kepada ALLAH agar di pertemukan dengan jodoh dan sering sekali menyebutkan nama seseorang dalam doa agar kita dapat bersama. Jarak gak jadi masalah kalau jodoh pasti ketemu deh

7.   The way Loved You | Selena Gomez
Letting you go is
Melepaskanmu sungguh
Making me feel so cold, yeah
Membuatku kedinginan, yeah
And I've been
Aku tlah
Trying to make believe it doesn't hurt
Berusaha berpura-pura semua ini tidak menyakitkan
Lagu ini adalah lagu buat orang yang gagal move on , masih keinget si dia mulu dan berusaha buat ngelupain dia tapi bukan lupa malah tambah keinget mulu dan ini malah terasa amat sakit dan selalu berusaha berfikir semua akan baik baik saja , tapi tidak seperti itu keyataanya

8.   Sepanjang hidup – Maher zain
aku bersyukur kau di sini kasih
di kalbuku mengiringi
dan padamu ingin ku sampaikan
kau cahaya hati
dulu ku palingkan diri dari cinta
hingga kau hadir ubah segalanya
oh inilah janjiku kepadamu.

SUBHANAALLAH lagu ini bikin setiap insan senyum sendiri deh lagunya romantis banget, aduh jadi pengen buru buru nikah nih kalo denger lagu ini ( tapi ama siapa ? L) cerita seseorang yang berjanji setia dan mencintai atas nama ALLAH. Hidup bersama dengan seseorang yang di cintai dalam syareat islam.

9.   Baraka Allah Lakuma - Maher Zain
We’re gathered here to celebrate
 berkumpul bersama di sini untuk merayakan
A moment you’ll always treasure
saat-saat yang akan selalu kau simpan
We ask Allah to make your love
kita memohon pada Allah untuk menghadirkan cintamu
Last forever
untuk selamanya

Nikah mudah hidup nikah muda hahahaha….. aduh kalo dengerin lagu ini pengen cepet – cepet nikah punya suami hahaha… aduh aku kebawa lagu ini map yah. Lagu ini sih menurut aku sih sepasang orang saling mencintai sedang menunggu saat – saat mendebarkan dalam hidup dia yaitu sebuah pernikahan. Berterima kasih kepada allah karna tangan ini dapat menggenggam tangan orang  yang di cintai, doai aku yah biar cepet nikah hahha… nikah mulu nih aku bahasnya hahha. Mari kita berdoa
Baraka Allahu Lakuma wa Baraka alikuma
Wa jamaah baina kuma fee khair.
Barakallah hu lakuma wa baraka alikuma
Wa jamaah baina kuma fii khair, Amin

10.                Karna angka 10 angka kesempurnaan, nah nanti bakal aku tulis lagu yang ke 10 ini kalau aku udah punya lagu romantic ama pasangan aku yah….

Rabu, 25 Desember 2013

Tugas kelompok softskill

       Investasi Saham pada PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk berdasarkan Analisis Fundamental

Diajukan guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Etika Pofesi Akuntansi
Jurusan Akuntansi jenjang Strata Satu
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

Disusun Oleh:
1.      Elin Eliani. 22210333
2.      Harry Farhan, 23210157 
3.      Mira Meidiani Suryadi, 24210411
4.      Rika Agustina, 25210942
5.      Yanih Supriyani, 28210593

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2013


KATA PENGANTAR 
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga dengan segala keterbatasan penulis dapat menyusun dan menyelesaikan penulisan makalah ini dengan judul “Investasi Saham pada PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk berdasarkan Analisis Fundamental”.
Penulisan makalah ini diajukan guna menyelesaikan tugas mata kuliah Etika Pofesi Akuntansi (Softskill). Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini belum sempurna oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, penulis meminta saran dan kriktik  yang sifatnya membangun dari semua pihak yang berkepentingan dan membaca makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis, pembaca dan pihak-pihak yang memerlukan.
                                                                                                                 
       Depok, Oktober 2013
                                                                                                        Penulis

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
      Pasar modal di Indonesia terus berkembang dengan baik seiring dengan perkembangan perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari kapitalisasi pasar yang terus mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan ini. Indonesia sudah masuk tahap Investment Grade sehingga membuat investor baik lokal maupun asing tertarik untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia dalam memenuhi investasinya dalam bentuk penawaran saham, penerbitan obligasi, atau produk-produk investasi lainnya.
      Salah satu instrumen pasar modal yang paling sering diperdagangkan adalah saham. Terutama saham yang bersifat Go Public. Saham Go Public adalah saham yang diperjual-belikan pada khalayak umum (investor) pada suatu bursa saham. Bursa efek yang mengatur transaksi pembelian dan penjualan saham di Indonesia adalah Bursa Efek Indonesia (BEI).
      Saham adalah tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut (Darmadji dan Fakhruddin, 2001).
      Saham yang terdapat di perusahaan publik adalah saham yang memiliki risiko yang tinggi. Risiko tersebut dapat terjadi karena perubahan kondisi baik di perusahaan, perubahan yang terjadi di dalam negeri dan di luar negeri sangat berpengaruh seperti kurs saham. Perubahan tersebut ada yang berdampak positif dan berdampak negatif. Sehingga aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga saham akan mengalami fluktuasi baik berupa kenaikan dan penurunan.
      Untuk itu, para investor sebaiknya melakukan sebuah analisis yang tepat untuk mengurangi kerugian akibat fluktuasi harga saham. Analisis yang dilakukan harus sesuai sasaran dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi perusahaan emiten. Dalam melakukan analisis, memilih dan memiliki saham pada perusahaan emiten, investor dan calon investor bisa menggunakan  dua pendekatan yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental menggunakan informasi historis dari keuangan perusahaan untuk meramalkan hasil  keuangan. Sedangkan analisis teknikal menganalisa fluktuasi harga saham dalam rentang  waktu tertentu.
Analisis fundamental merupakan metode penelitian yang mempelajari tentang peramalan laba, permintaan dan penawaran, kekuatan suatu industri atau perusahaan, kemampuan manajemen, dan masalah intrinsik lainnya yang mempengaruhi nilai harga saham dan potensi pertumbuhan (Mastering Fundamental Analysis, 2).          
Analisis fundamental bertujuan untuk memilih saham-saham yang baik untuk diinvestasi. Berarti, hasil analisis fundamental adalah kelompok saham yang baik dan layak untuk dibeli dan kelompok saham yang jelek dan tidak layak untuk dibeli. Yang dimaksud dengan saham baik adalah saham dari perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja baik, terutama secara keuangan. Perusahaan-perusahaan yang kinerja keuangannya baik adalah perusahaan yang kondisi keuangannya sehat.
     

BAB II
PEMBAHASAN

1.      Sejarah Singkat PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
            PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement” atau “Perseroan”) adalah perusahaan yang memproduksi semen, yang juga memiliki beberapa anak perusahaan yang memproduksi beton siap-pakai (Ready-Mix Concrete/RMC) serta mengelola tambang agregat dan trass. Berdiri sejak 16 Januari 1985, Perseroan merupakan penggabungan dari enam perusahaan semen yang saat itu memiliki delapan pabrik.
            Pabrik pertama Indocement resmi beroperasi sejak 4 Agustus 1975. Selama 37 tahun pabrik beroperasi, Indocement terus meningkatkan kapasitas produksinya dan merupakan salah satu produsen semen terbesar  di Indonesia. Indocement terus menambah jumlah pabrik hingga saat ini mencapai 12 pabrik, yang sebagian besar berada di Jawa. Sembilan pabrik berada di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat, dan merupakan salah satu kompleks pabrik semen terbesar di dunia. Dua pabrik berada di Kompleks Pabrik Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
            Indocement pertama kali mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode transaksi “INTP” pada 5 Desember 1989. Sejak 2001, mayoritas saham Perseroan dimiliki oleh HeidelbergCement Group yang berbasis di Jerman. HeidelbergCement adalah pemimpin pasar global dalam bidang agregat dan merupakan pemain terkemuka di industri semen, beton, dan kegiatan hilir lainnya, yang menjadikannya sebagai salah satu produsen terbesar di dunia di bidang bahan bangunan. HeidelbergCement mempekerjakan sekitar 53.400 karyawan di lebih dari  40 negara.
            Dengan merek dagang “Tiga Roda”, sepanjang 2012 Indocement telah menjual sekitar 18 juta ton semen, yang merupakan penjualan semen tertinggi di Indonesia (sebagai entitas tunggal). Adapun produk semen yang dihasilkan oleh Perseroan adalah Portland Composite Cement (PCC), Ordinary Portland Cement (OPC Tipe I, II, dan V), Oil Well Cement (OWC), Semen Putih, dan TR-30 Acian Putih. Indocement adalah satu-satunya produsen Semen Putih di Indonesia.
            Selain itu, penjualan RMC yang diproduksi oleh anak perusahaan Indocement, yakni PT Pionirbeton Industri, mengalami peningkatan sebesar 44,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan Indocement sebagai pemimpin pasar RMC di Indonesia. Dalam menjalankan usahanya, Indocement bertekad memerhatikan pembangunan berkelanjutan, melalui komitmen untuk mengurangi emisi karbon dioksida dalam proses pembuatan semen. Indocement adalah perusahaan pertama di Asia Tenggara yang menerima Emisi Reduksi yang Disertifikasi (Certified Emission Reduction/CER) untuk proyek bahan bakar alternatif dalam kerangka Mekanisme Pembangunan Bersih (MPB).

2.      Kegiatan Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
            Indocement memiliki operational semen terintegrasi dengan total kapasitas terpasang 18,6 juta ton semen. Saat ini Indocement mengoperasikan 12 pabrik, sembilan berlokasi di Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua di Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dan satu di Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.
            Produk utama perusahaan adalah Portland Composite Cement (PCC) dan Ordinary Portland Cement (OPC). Perusahaan juga memproduksi berbagai tipe semen lainnya seperti Portland Cement Type I and Type V, begitu juga dengan Oil Well Cement. Indocement adalah satu-satunya produsen Semen Putih di Indonesia.
3.      Analisa Data Perusahaan
            Langkah pertama dalam penulisan makalah ini adalah menganalisa rasio-rasio keuangan selama lima tahun. Dengan menggunakan data yang ada yaitu berupa laporan keuangan yang terdiri dari laporan neraca dan laporan laba-rugi. Dari data tersebut, dapat diketahui beberapa rasio keuangan yaitu rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, dan rasio pasar pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk selama lima tahun terakhir yaitu 2008 sampai dengan 2012 serta dapat diketahui pula kondisi keuangan tersebut.

1.        Rasio Likuiditas
Rasio ini menunjukkan sejauh mana kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Pengujian likuiditas difokuskan pada besaran dan hubungan antara hutang lancer, aktiva lancer, kas dan persediaan. Dan rasio likuiditas ini antara lain sebagai berikut :

a.      Current Ratio
Rasio Likuiditas dengan perhitungan rasio lancar (current ratio) ini membandingkan jumlah aktiva lancar dengan kewajiban lancar. Current ratio bertujuan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk melunasi kewajiban jangka pendeknya dengan aktiva lancar yang yang dimiliki perusahaan.

Current Ratio  = (Aktiva Lancar / hutang lancar) X 100%

b.      Quick Ratio
Rasio cepat (quick ratio) ini membandingkan aktiva lancar setelah di kurangi persediaan dengan kewajiban lancar.

Quick Ratio  ((Aktiva Lancar – Persediaan) / Hutang lancar)) x 100%

c.       Cash Ratio
            Rasio ini membandingkan jumlah kas dan efek dengan kewajiban lancar. Mengukur kemampuan perusahaan utuk membayar hutang lancar dengan menggunakan kas dan efek.

Cash Ratio (Aktiva Lancar / Pinjaman Jangka Pendek) x 100%

2.      Rasio Profitabilitas
Rasio profitabilitas atau sering juga disebut rasio rentabilitas merupakan indikator untuk mengukur efektivitas manajemen perusahaan berdasarkan hasil pengembalian yang dihasilkan dari penjualan dan investasi. Rasio ini menggambarkan kemampuan perusahaan mendapatkan laba melalui semua kemampuan, dan sumber yang ada seperti kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah cabang dan sebagainya selama periode tertentu.

a.      Gross Profit Margin Ratio
            Rasio ini membandingkan antara laba kotor yang diperoleh perusahaan dengan tingkat penjualan yang dicapai pada periode yang sama.

Gross Profit Margin    =  laba kotor / penjualan X 100%
b.      Net Profit Margin
            Net profit margin merupakan rasio perbandingan yang digunakan untuk mengukur laba bersih sesudah pajak lalu di bandingkan dengan volume penjualan dalam suatu periode tertentu.

            Net Profit Margin = laba bersih / penjualan X100%
c.       Return on Invesment
            Return on investment (ROI) disebut juga dengan return on asset (ROA). ROI digunakan untuk mengukur efektifitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. ROI membandingkan laba bersih dengan total aktiva.

            Return on Investment = laba bersih / total aktiva
d.      Return on Equity
            Return on equity (ROE) menunjukkan tingkat pengembalian yang dihasilkan manajemen atas modal yang ditanam pemegang saham, sesudah dipotong kewajiban kepada kreditor.

            Return on Equity=  laba bersih / total modal

3.      Rasio Aktivitas
Rasio Aktivitas merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur efektifitas perusahaan dalam menjalankan operasinya baik dalam kegiatan penjualan, pembelian dan kegiatan lainnya.


a.      Total Asset Turnover
            Total assets turnover merupakan rasio antara jumlah aktiva yang digunakan dengan jumlah penjualan yang diperoleh selama periode tertentu untuk mengukur intensitas perusahaan dalam menggunakan aktivanya. Rasio ini membandingkan penjualan bersih dengan total aktiva.         

            Total Assets Turnover  = penjualan bersih / total aktiva        


b.      Account Receivable Turnover
Perputaran piutang usaha (account receivable turnover) mengukur kemampuan untuk menagih kas dari pelanggan kredit. Semakin tinggi rasionya, semakin cepat penagihan kas. Rasio ini membandingkan penjualan bersih dengan piutang usaha.
Account Receivable Turnover  = penjualan bersih / pitang usaha

c.       Working Capital Turnover
Rasio ini membandingkan penjualan bersih dengan aktiva lancar setelah dikurangi hutang lancar.
Working Capital Turnover  = penjualan bersih / (aktiva lancar - hutang lancar ) 

4.      Rasio Solvabilitas
Rasio solvabilitas ini menelaah struktur modal perusahaan, termasuk sumber dana jangka panjang dan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban investasi dan utang jangka panjangnya. Rasio ini juga disebut dengan leverage ratios, karena merupakan rasio pengungkit, yaitu menggunakan uang pinjaman (debt) untuk memperoleh keuntungan.

a.      Debt to Capital Assets Ratio
Debt to Capital Ratio mengukur tingkat penggunaan hutang sebagai sumber pembiayaan aktiva perusahaan. Rasio ini membandingkan total hutang terhadap aktiva.
Debt to Capital Assets Ratio  = total hutang / total aktiva
b.       Debt to Equity Ratio
Debt to Equity Ratio membandingkan sumber pembiayaan yang berasal dari modal pemegang saham. Rasio ini membandingkan total hutang dengan modal pemilik.
Debt  to Equity Ratio   = total hutang / total modal
5.      Rasio Pasar
Rasio pasar mengevaluasi kinerja perusahaan melalui basis per saham. Rasio ini digunakan untuk menunjukkan bagian dari laba perusahaan, dividen dan modal yang dibagikan pada setiap saham.

a.      Earning Per Share
Laba per saham biasa (EPS) memberikan jumlah laba bersih yang dihasilkan atas setiap saham biasa perusahaan. EPS menghitung penghasilan bersih yang diperoleh untuk setiap saham biasa tidak termasuk saham preferen. EPS membandingkan laba setelah pajak dengan jumlah lembar saham yang beredar.

Earning Per Share   = laba setelah pajak / jumlah lembar saham beredar
b.      Book Value per Share
Nilai buku per saham (book value per share) membandingkan total modal dengan jumlah saham beredar .
Book Value Per Share   =  total aktiva / jumlah lembar saham beredar
                             
  
Rangkuman Hasil Penelitian
Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Pasar
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
2008-2012

2008
2009
2010
2011
2012
Rata-rata
Keterangan
Rasio Likuiditas


Current Ratio         
178.57%
300.55%
555.38%
698.54%
602.76%
467.16%
Menurun
Quick Ratio
100.62%
228.88%
458.95%
608.62%
541.98%
387.81%
Menurun
Cash Ratio
40.65%
148.13%
347.62%
464.89%
433.04%
286.87%
Menurun
Rasio Profitabilitas
Gross Profit Margin
41.15%
48.30%
49.75%
46.19%
47.83%
46.64%
Meningkat
Net Profit Margin
17.85%
25.97%
28.95%
25.93%
27.55%
25.25%
Meningkat
Return on Investment
15.47%
2069%
21.01%
19.84%
20.93%
429.25%
Meningkat
Return on Equity
20.53%
25.72%
24.66%
22.89%
24.53%
23.67%
Meningkat
Rasio Aktivitas
Total Assets Turnover
0.87
0.8
0.73
0.77
0.76
0.79
Menurun
Account Receivable Turnover
10.61
7.86
8.22
7.17
7.04
8.18
Menurun
Working Capital Turnover
6.4
2.98
1.81
1.57
1.42
2.84
Menurun
Rasio Solvabilitas
Debt to Capital Assets Ratio
0.24
0.19
0.15
0.13
0.15
0.17
Meningkat
Debt to Equity Ratio
0.32
0.24
0.17
0.15
0.17
0.21
Meningkat
Rasio Pasar
Earning per Share
474.21
746.7
876.03
978.41
1294.05
873.88
Meningkat
Book Value per Share
2309.21
2901.58
3552.67
4274.37
5275.4
3662.65
Meningkat
                                                                                                                                           Sumber : data diolah

  1. Analisis Fundamental
  1. Pendekatan Nilai Buku
P          =
P          =
P          = Rp 5.275
Nilai intrinsik pada Pendekatan Nilai Buku sebesar Rp 5.275.Dan harga pasar saham sebesar Rp 22.450. Hal ini dihargai terlalu tinggi atau overvalued. Jika harga pasar saham lebih tinggi dari nilai intrinsiknya, maka saham tersebut sebaiknya dijual untuk menghindari kerugian. Karena tentu harganya kemudian akan turun menyesuaikan dengan nilainya.
Pada analisis sekuritas ini, pendekatan nilai buku digunakan oleh investor untuk mengetahui besarnya penyertaan pemegang saham perusahaan dan mengetahui berapa kali besarnya penilaian publik/investor terhadap harga buku perusahaan yang tercermin dalam harga pasar bursa.

  1. Pendekatan Nilai Sekarang
g          = (1-Payout Ratio) * ROE
g          = (1-0,2) * 0,2452
g          = 0,18576= 18,58%
Ke        = 
Ke        = 
Ke       = 0,0106 = 1,06%
Po        =
Po        =
Po        = Rp1.937,6
Pada pendekatan nilai sekarang dapat diketahui nilai intrinsik saham sebesar Rp 1.937,6 sedangkan harga pasar saham sebesar Rp 22.450. Hal ini bahwa saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dihargai terlalu tinggi atau overvalued. Jika harga pasar saham lebih tinggi dari nilai intrinsiknya, maka saham tersebut sebaiknya dijual untuk menghindari kerugian. Karena tentu harganya kemudian akan turun menyesuaikan dengan nilainya.
Pada analisis sekuritas dengan metode pendekatan nilai sekarang menggunakan proses kapitalisasi nilai-nilai masa depan yang didiskontokan menjadi nilai sekarang dengan asumsi bahwa pertumbuhan dividennya konstan. Perusahaan biasanya mempunyai kebijaksanaan dalam menentukkan praktek pembayaran dividen. Kebijakan ini ditetapkan dengan pertimbangan kebutuhan pembelanjaan perusahaan dan kebutuhan pemegang sahamnya. Oleh karena kebijakan ini dapat mempengaruhi tingkat dan kesinambungan pembayaran dividen maka para investor sangat berkepentingan. Kelemahan dari kebijakan ini tidak stabilnya dividen sehingga kekacauan dan sering kemerosotan harga pasar saham.

  1. Pendekatan Price Earning Ratio (PER)
PER     =
PER     =
PER     = 17,3 kali
P          = PER x Earning Per Share
P          = 17,3 x Rp1.293
P          = Rp 22.446,5
Nilai Intrinsik pada Pendekatan Price Earning Ratio sebesar Rp 22.446,5. Dan harga pasar saham sebesar Rp 22.450. Dengan harga pasar saham di hargai terlalu tinggi atauovervalued  terhadap nilai intrinsik, maka saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk layak untuk dijual.
Pada analisis sekuritas ini, Pendekatan price earning ratio (PER) digunakan oleh investor untuk memperlihatkan berapa kali besarnya penilaian publik/investor terhadap potensial keuntungan yang akan didapat perusahaan per saham yang tercermin dalam harga pasar bursa. Bagi investor PER yang rendah dapat memberikan kontribusi tersendiri, karena investor dapat membeli saham dengan harga yang relatif murah, kemungkinan untuk mendapatkan capital gain juga semakin besar. Dan sebaliknya, emiten menginginkan PER yang tinggi pada waktu go public untuk menunjukkan bahwa kinerja perusahaan cukup baik dengan harapan agar harga saham akan tinggi pula.

Perbandingan Nilai Intrinsik Saham dengan Nilai Pasar Saham
PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
2012
Sumber : data diolah
No
Keterangan
Nilai
Intrinsik
Harga Pasar Saham
Hasil
Perbandingan
Keputusan
1
Pendekatan Nilai Buku
Rp 5.275
Rp 22.450
Overvalued
Jual
2
PendekatanNilai
Sekarang
Rp 1.937,6
Rp 22.450
Overvalued
Jual
3
Pendekatan PER
Rp 22.446,5
Rp 22.450
Overvalued
Jual


BAB III
KESIMPULAN


            Dari hasil perhitungan dan analisis fundamental atas rasio keuangan dan nilai intrinsik saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Berdasarkan hasil perhitungan rasio keuangan, dapat disimpulkan bahwa kondisi keuangan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2008 sampai dengan 2012 memiliki keuangan yang cukup baik.
2.      Berdasarkan analisis fundamental yang telah dilakukan dengan menggunakan Pendekatan Nilai Buku, Pendekatan Nilai Sekarang, dan Pendekatan Price Earning Ratio (PER), maka dapat diputuskan bahwa saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk lebih baik dijual untuk menghindari keugian.
3.      Dan berdasarkan analisis fundamental yang telah dilakukan terhadap investasi saham  PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk pada tahun 2012 dapat disimpulkan bahwa keputusan investasi bagi investor yang telah memiliki saham PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk agar menjual saham tersebut. Sedangkan bagi investor yang belum memiliki saham PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk sebaiknya membeli pada saat harga saham sedang turun.