Cari Blog Ini

Senin, 14 Februari 2011

tulisan ku

 NAMA    : RIKA AGUSTINA
NPM        : 25210942
KELAS   : 1EB12




                            ROKOK MERUSAK KESEHATAN

          Rokok merupkan penyebab kematian terberas di dunia karena rokok dapat menyebabkan kanker, ganguan janin, dan masih bnyak lagi.  Rokok sangat cepat menyerang paru-paru manusia, namun tidak hanya sang pingisap rokok yang terkena dampak buruk dari rokok itu sendiri orang yang berada di dekat orang yang mingisap rokok an terkena asap rokok juga sangat berbahaya dan menurut penelitian yang sangat berbahaya bukan sang pengisap langsung namun sang perokok pasip yang bisa lebih parah terkena penyakit paru-paru.
             Bahkan anak kecil zaman sekarang sudah bnyak yang tercandu oleh rokok itu di sebabkan oleh lingkungan sekitar, pergaulan, cara orang tua mendidik, dan rasa penasaran anak yang sangat besar sehingga memunculkan rasa ingin coba-coba dan akhirnya susah untuk berhenti.  Di perkotaan sudah di berlakukan peraturan dilanrang merokok di tempat umum, dan pemerintah sudah menyediakan tempat khusus untuk merokok. Oleh karena itu bila ada masyarakat yang ketahuan merokok di tempat umum akan di kenakan sangsi.  Namun setelah berjalannya waktu perturan itu tinggallah peraturan saja karna pemerintah tidak serius untuk melaksanakan peraturan itu.
            Gaya hidup sehat sangat penting untuk mempunyai tubuh yang sehat dan tidak berpenyakitan. Banyak pencandu rokok yang sudah terkena penyakit seperti jantung dan paru-paru baru menyadari bahanya merokok karena rokok mengandung zat adiktif yang sangat berbahaya bagi manusia.  Oleh sebab itu berbagai cara telah di tempu untuk berhenti dari kebiasaan merokok yang tidak sehat.
            Berikut ini tips untuk berhenti merokok :
·         Susun alas an mengapa anda ingin berhenti merokok.
·         Bilang kepada teman dan orang – orang terdekat anda bahwa anda ingin berhenti merokok.  Supaya mereka bisa mengingatkan anda untuk tidak merokok.
·         Buang semua rokok. Asbak dan peralatan untuk merokok.
·         Gunakan pengganti merokok seperti permen, buah, jika jari anda gatal peganglah pensil.
·         Bayangkan bila anda berhenti meroko dompet anda tebal, nafas wangi, dan lebih bnyak orang yang bisa dekat dengan anda.
·         Tanamkan prinsip di dalam diri anda “ orang bisa akupun pasti bisa”
·         Jauhi orang –orang yang merokok.
·         Buatlah target kapan anda berhenti merokok.


Sekian tips kecil dari saya. Semoga bisa membntu anda-anda senua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar