Nama : Rika agustina
Kelas : 1eb2
Npm : 25210942
Pendahuluan
Pengangguran merupakan masalah semua Negara yang sulit di atasi dan menjadi momok yang menakutkan. Karena bila seseorang itutidak bekerja atau menganggur dan tidak mempunyai uang maka banyak dari mereka akan terpaksa melakukan kejahatan yang merugikan banyak orang, mereka lakukan itu kareana terdesak oleh kebutuhan hidup yang sangat mahal.
Seharusnya pemerintah lebih meperhatikanmasalah ini, dan sekarang pemerintah pun sudah membangun banyak lapangan pekerjaan namun lagi-lagi kebijakan yang mereka buat hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu, ontoh kasus banyak yang melakukan KKN, dan tenaga kerja yang di pabrik ebih banyak dilakukan oleh mesin di bandingkan tenaga kerja manusia.
Namun kita juaga jangan menyalahkan pemerintah begitu saja karna diri kita juga harus mempunyai soft skill dan pengetahuan yang lebih luas lagi sehingga kinerja kerja kita manusia tidak kalah dengan mesin yang canggih sekali pun.
Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah social lainnya.
Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen. Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya. Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Akibat jangka panjang adalah menurunnya GNP dan pendapatan per kapita suatu negara. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia dikenal istilah "pengangguran terselubung" di mana pekerjaan yang semestinya bisa dilakukan dengan tenaga kerja sedikit, dilakukan oleh lebih banyak orang.
Masalah-masalah pengangguran
Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerna penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja. Semakin maju suatu perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
Pengangguran Musiman / Seasonal Unemployment
Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur. Contohnya seperti petani yang menanti musim tanam, tukan jualan duren yang menanti musim durian.
Pengangguran Siklikal
Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.
Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah social lainnya.
Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen.
Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yang berkepanjangan juga dapat menimbulkan efek psikologi yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan pulitik keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Akibat jangka panjang adalah menurunnya GNP dan pendapatan per kapita suatu negara
Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, dikenal istilah "pengangguran terselubung" di mana pekerjaan yang semestinya bisa dilakukan dengan tenaga kerja sedikit, dilakukan oleh lebih banyak orang.
Ranking berdasarkan entitas | Entitas | Tingkat pengangguran (%) | Sumber / tanggal dari informasi |
1 | 0.00 | perkiraan 1996. | |
2 | 0.00 | 2005 | |
3 | 0.00 | ||
4 | 0.90 | Maret 2006 est. | |
5 | 1.20 | perkiraan 2006 . | |
6 | 1.30 | perkiraan 2006 . | |
7 | 1.30 | September 2002 | |
8 | 1.50 | perkiraan Desember 2006 | |
9 | 1.60 | 2005 | |
10 | 1.70 | 1999 | |
11 | 1.90 | perkiraan 2006 . | |
12 | 2.00 | perkiraan 2001 . | |
13 | 2.00 | perkiraan 1992. | |
14 | 2.00 | perkiraan 2006. | |
15 | 2.00 | 2004 | |
16 | 2.10 | perkiraan 2004. | |
17 | 2.10 | perkiraan 2006. | |
18 | 2.10 | 2006 | |
19 | 2.20 | perkiraan 2006. | |
20 | 2.20 | perkiraan 2004. | |
21 | 2.40 | 2001 | |
22 | 2.40 | perkiraan 2005. | |
23 | 2.50 | perkiraan 2006. | |
24 | 2.50 | 2004 | |
25 | 2.50 | perkiraan 2000. | |
26 | 2.70 | perkiraan 2006. | |
27 | 2.70 | 2006 | |
28 | 2.90 | perkiraan 2006. | |
29 | 3.00 | 2006 | |
30 | 3.20 | perkiraan 2005. | |
31 | 3.20 | perkiraan 2006. | |
32 | 3.20 | perkiraan 2006. | |
33 | 3.30 | perkiraan Desember 2006 . | |
34 | 3.30 | 2005 | |
35 | 3.30 | perkiraan 2006. | |
36 | 3.50 | perkiraan 2006. | |
37 | 3.50 | perkiraan 2006. | |
38 | 3.60 | 1997 | |
39 | 3.70 | perkiraan 2006. | |
40 | 3.80 | perkiraan 2006. | |
41 | 3.80 | perkiraan 2006. | |
42 | 3.80 | perkiraan 2006. | |
43 | 3.80 | 2004 | |
44 | 3.90 | 2001 | |
45 | 3.90 | perkiraan 2006. | |
46 | 4.00 | 2006 | |
47 | 4.10 | perkiraan 2006. | |
48 | 4.10 | 2005 | |
49 | 4.10 | perkiraan 2006. | |
50 | 4.20 | 2005 | |
51 | 4.20 | perkiraan 2005. | |
52 | 4.30 | perkiraan 2006. | |
53 | 4.40 | 2004 | |
54 | 4.50 | 2006 | |
55 | 4.50 | 1997 | |
56 | 4.80 | perkiraan 2006. | |
57 | 4.90 | perkiraan 2006. | |
58 | 4.90 | perkiraan 2006. | |
59 | 4.90 | perkiraan 2006. | |
60 | 5.30 | perkiraan 2006. | |
61 | 5.50 | ||
62 | 5.50 | perkiraan 2006. | |
63 | 5.60 | ||
64 | 5.60 | perkiraan 2006. | |
65 | 5.80 | perkiraan 2006. | |
66 | 6.00 | perkiraan 2006. | |
67 | 6.00 | perkiraan 1998. | |
68 | 6.10 | perkiraan 2006. | |
69 | 6.20 | 2004 | |
70 | 6.40 | perkiraan 2006. | |
71 | 6.50 | perkiraan Desember 2006. | |
72 | 6.50 | perkiraan 2006. | |
73 | 6.60 | perkiraan 2006. | |
74 | 6.60 | perkiraan 2006. | |
75 | 6.80 | perkiraan 2006. | |
76 | 6.80 | perkiraan 2005. | |
77 | 6.90 | perkiraan 2005 . | |
78 | 7.00 | perkiraan 2006. | |
79 | 7.00 | perkiraan 2006. | |
80 | 7.10 | perkiraan 2006. | |
81 | 7.20 | perkiraan 2006. | |
82 | 7.30 | perkiraan 2005. | |
83 | 7.40 | perkiraan November 2006. | |
84 | 7.40 | perkiraan 2006. | |
85 | 7.40 | perkiraan 2006 . | |
86 | 7.60 | perkiraan 2006. | |
87 | 7.60 | perkiraan 2006 | |
88 | 7.60 | perkiraan January 2007. | |
89 | 7.60 | 1999 | |
90 | 7.70 | perkiraan 2006 . | |
91 | 7.80 | perkiraan 2006 . | |
92 | 7.80 | perkiraan 2006 . | |
93 | 7.80 | 2006 | |
94 | 7.90 | perkiraan 2006. | |
95 | 8.00 | 2002 | |
96 | 8.00 | perkiraan 2001 . | |
97 | 8.10 | perkiraan 2006. | |
98 | 8.10 | perkiraan Oktober 2006. | |
99 | 8.40 | perkiraan 2006 . | |
— | 8.50 | perkiraan 2006 . | |
100 | 8.70 | perkiraan Desember 2006 . | |
101 | 8.80 | perkiraan 2006. | |
102 | 8.90 | perkiraan October 2006 . | |
103 | 9.20 | perkiraan 2006 . | |
104 | 9.30 | perkiraan 2005 . | |
105 | 9.40 | 2006 | |
106 | 9.40 | perkiraan 2005. | |
107 | 9.40 | perkiraan 2006 . | |
108 | 9.50 | 2004 | |
109 | 9.60 | perkiraan 2006 . | |
110 | 9.60 | perkiraan 2006 . | |
111 | 9.60 | perkiraan 2006 . | |
112 | 10.00 | perkiraan 1997. | |
113 | 10.20 | perkiraan kuarter ke 3, 2006 . | |
114 | 10.20 | perkiraan 2006. | |
115 | 10.20 | perkiraan 2006. | |
116 | 10.20 | perkiraan 2006. | |
117 | 10.20 | perkiraan 2005 . | |
118 | 10.30 | perkiraan 2006. | |
119 | 10.30 | 1999 | |
120 | 10.60 | perkiraan 2006. | |
121 | 10.70 | perkiraan 2003 . | |
122 | 10.80 | perkiraan 2006. | |
123 | 11.00 | perkiraan 2001 . | |
124 | 11.10 | perkiraan 2006. | |
125 | 11.30 | perkiraan 2006 . | |
126 | 11.40 | perkiraan 2002 . | |
127 | 11.70 | 2005 | |
128 | 12.00 | 2001 | |
129 | 12.00 | perkiraan 2004. | |
130 | 12.00 | 2002 | |
131 | 12.50 | 2000 | |
132 | 12.50 | perkiraan 2005 . | |
133 | 12.50 | perkiraan 2006 . | |
134 | 12.60 | perkiraan 2004. | |
135 | 13.00 | 1998 | |
136 | 13.00 | perkiraan 2004 . | |
137 | 13.00 | perkiraan Tahun anggaran 03/04 . | |
138 | 13.10 | 2005 | |
139 | 13.80 | perkiraan September 2006 . | |
140 | 13.90 | perkiraan 2006 . | |
141 | 14.00 | perkiraan 1998. | |
142 | 14.60 | perkiraan 2001. | |
143 | 14.90 | perkiraan November 2006. | |
144 | 15.00 | perkiraan 2005 . | |
145 | 15.00 | perkiraan 2004 . | |
146 | 15.00 | perkiraan 2007 . | |
147 | 15.00 | perkiraan 2001. | |
148 | 15.20 | 2003 | |
149 | 15.40 | perkiraan 2006 . | |
150 | 15.70 | perkiraan 2006. | |
151 | 16.00 | perkiraan 2006. | |
152 | 17.00 | perkiraan 2002. | |
153 | 17.10 | 2004 | |
154 | 17.20 | perkiraan 2006 . | |
155 | 18.00 | perkiraan 2004. | |
156 | 18.70 | perkiraan 2002 . | |
157 | 20.00 | perkiraan 1996 . | |
158 | 20.00 | perkiraan 1997. | |
159 | 20.00 | perkiraan 2006. | |
160 | 20.00 | perkiraan 2003. | |
161 | 20.00 | perkiraan 2004. | |
162 | 20.30 | 2005 | |
163 | 20.30 | 2005 | |
164 | 21.00 | perkiraan 2000. | |
165 | 21.00 | perkiraan 1997. | |
166 | 21.00 | perkiraan 1997. | |
167 | 22.00 | perkiraan 2000. | |
168 | 23.00 | perkiraan 2000 | |
169 | 23.80 | 2004 | |
170 | 25.00 | perkiraan 2005 . | |
171 | 25.40 | 2005 | |
172 | 25.50 | perkiraan 2006. | |
173 | 27.70 | 2005 | |
174 | 27.90 | perkiraan 2006. | |
175 | 29.80 | 2005 | |
176 | 30.00 | perkiraan 2001. | |
177 | 30.00 | perkiraan 1998 . | |
178 | 30.00 | perkiraan 2004 . | |
— | 30.00 | perkiraan 2006. | |
179 | 30.90 | perkiraan 2000. | |
180 | 31.60 | perkiraan 2005 . | |
181 | 35.00 | perkiraan 2003. | |
182 | 36.00 | perkiraan September 2006 . | |
183 | 40.00 | perkiraan 2005 . | |
184 | 40.00 | perkiraan 2006. | |
185 | 40.00 | perkiraan 2001. | |
186 | 42.00 | perkiraan 2004 . | |
187 | 45.00 | 2002 | |
188 | 45.50 | perkiraan 31 Desember 2004 . | |
189 | 48.00 | perkiraan 2001 . | |
190 | 50.00 | perkiraan 2004 . | |
191 | 50.00 | perkiraan 2000. | |
192 | 50.00 | perkiraan 2001 | |
193 | 60.00 | perkiraan 2000 | |
194 | 60.00 | perkiraan 2004 | |
195 | 80.00 | perkiraan 2005 | |
196 | 85.00 | perkiraan 2003 | |
197 | 90.00 | perkiraan 2004 |
PENUTUP
Permasalahan pengangguran adalah masalah kongkrit setiap Negara. Cara mengatasinya kita harus meningkatkan soft skill yang lebih berguna di bidangnya agar bias bersaing dengan Negara lain dan mesin canggih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar